Manfaat Menyusui, Sukses menyusui

Inisasi Menyusu Dini

Langkah pertama yang sangat penting dilakukan setelah bersalin adalah early skin to skin contact (kontak kulit ibu-bayi). Hal ini dilakukan dengan meletakkan bayi setelah dikeringkan, segera setelah lahir, pada dada ibu secara lansung. Jika ruangan dingjn, bayi diberi topi, dan diselimuti bersama2 ibu, dapat pula diberikan lampu sorot untuk menghangatkan ibu dan bayi. Hal ini dilakukan selama minimal 1 jam, dan memberikan manfaat yang luar biasa bagi ibu dan bayi. Di Indonesia tindakan ini dikenal dengan istilah Inisiasi Menyusu Dini (IMD),  namun sesungguhnya keberhasilan menyusu hanyalah salah satu manfaatnya, di samping banyak manfaat lainnya yaitu:
– mencegah penurunan suhu berlebih
– mencegah penurunan gula darah
– menurunkan hormon stres (kortisol) pada ibu dan bayi
– menstabilkan nadi dan pernapasan bayi
– bayi mendapatkan kolostrum dari proses menyusu
– bayi mendapat kuman2 “baik” (probiotik) dari tubuh ibu
– produksi hormon ASI ibu meningkat lebih cepat
– meningkatkan bonding dan naluri keibuan terutama pada ibu yg baru pertama kali melahirkan.

Kontak kulit ibu-bayi ini dapat dilakukan pada persalinan normal maupun operasi Caesar, selama kondisi ibu dan  bayi stabil. Suami dan keluarga diharapkan mendukung dengan menemani ibu dan bayi selama proses ini, untuk membantu menjaga bayi dan memberikan bantuan langsung pada ibu yg masih dalam kondisi lelah pasca bersalin.

image

About Stella Tinia,dr.,M.Kes,IBCLC

An IBCLC lactation consultant with high passion to educate and help mothers and babies enjoy the wonderful experience and millions benefits of breastfeeding.

Discussion

Comments are closed.

%d bloggers like this: