Sukses menyusui

Posisi dan pelekatan yang tepat, kunci sukses menyusui

Posisi adalah bagaimana tubuh bayi menempel ke tubuh ibu, dan pelekatan adalah bagaimana mulut bayi menempel ke payudara ibu. Keduanya haruslah benar, agar bayi dapat menghisap ASI dengan efektif dan nyaman, demikian pun dengan posisi dan pelekatan yang benar payudara ibu akan nyaman. Kasus puting lecet yang sering dialami oleh ibu, sebagian besar disebabkan oleh pelekatan yang kurang tepat.

Pada posisi yang benar perut bayi menempel ke perut ibu; kepala,leher, dan badan bayi berada dalam satu garis lurus; wajah bayi menghadap payudara ibu; dan badan bayi tersangga dengan baik. Penting untuk memastikan kepala dan leher bayi lurus, karena sama seperti kita tidak dapat menelan dengan baik jika minum dengan posisi leher menoleh, demikian pun bayi tidak dapat menelan ASI dengan baik jika posisi lehernya menoleh.

. Pada pelekatan yang benar, dagu bayi menempel di payudara ibu, areola (bagian gelap di sekitar puting) yang berada di bibir bawah bayi lebih banyak masuk ke dalam mulut bayi dibandingkan areola sebelah atas, bibir bayi terlipat keluar, dan mulutnya terbuka lebar. Beberapa konselor mengumpamakannya seperti hendak menelan bola, saya lebih suka mengilustrasikannya seperti hendak memakan hamburger besar. Setiap kali bayi menyusu, lihatlah tanda-tanda ini, jika mulutnya mencucu, jelas dia tidak sedang makan “hamburger besar”, berarti pelekatannya salah.

Jika pelekatan salah, hisapan akan terus menerus terpusat pada puting, sehingga menyebabkan rasa nyeri, dan puting menjadi lecet dan luka. Bayi pun tidak dapat menghisap ASI dengan efektif sehingga asupan ASI kurang, kenaikan berat badan kurang optimal, dan rantai selanjutnya adalah pengosongan payudara tidak maksimal, dan produksi ASI selanjutnya menurun.
Jadi penting sekali untuk memastikan posisi dan pelekatan bayi saat menyusu sudah benar ya Bunda🙂

About Stella Tinia,dr.,M.Kes,IBCLC

An IBCLC lactation consultant with high passion to educate and help mothers and babies enjoy the wonderful experience and millions benefits of breastfeeding.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: