Manfaat Menyusui

Menyusui di saat sakit ? Ternyata bikin ibu lekas sehat,bayi terlindungi

Saat ibu sakit, banyak pihak menyarankan agar ibu berhenti menyusui sementara, dengan alasan takut menulari bayi, maupun untuk memberi waktu agar dapat beristirahat dengan optimal. Ternyata, menyusui pada saat sakit dapat membantu mempercepat pemulihan lho! Ini dia alasannya :
1. Menyusui merupakan cara meredakan stress. Sakit yang diderita ibu dapat menyebabkan ibu merasa tertekan, khawatir akan asupan nutrisi bayinya, maupun sedih akibat harus dipisahkan dengan bayinya. Kontak kulit saat menyusui dan pelepasan oksitosin yang terjadi secara alami saat bayi menyusu dapat menurunkan tekanan darah dan kadar hormon kortisol (hormon stres), sehingga ibu merasa lebih tenang dan nyaman.
2. Menyusui meningkatkan sistem imunitas dan mood ibu. Penelitian oleh Groer & Davis (2006) menunjukan bahwa menyusui dapat menyeimbangkan kadar sitokin (molekul yang dilepaskan saat terjadi peradangan). Kadar prolaktin yang tinggi saat menyusui juga meningkatkan imunitas terhadap infeksi, menurunkan stres dan membuat mood yang positif pada ibu.
3. Menyusui meningkatkan efisiensi metabolisme ibu. Selama menyusui, usus ibu membesar dan penyerapan sari-sari makanan lebih baik. Hal ini tentu dapat mempercepat penyembuhan ibu.
4. Ibu dapat beristirahat lebih nyenyak dan berkualitas. Penelitian Blyton et al (2002) menunjukkan bahwa ibu yang menyusui memiliki tidur dalam (deep-sleep) yang lebih lama dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Deep sleep merupakan jenis tidur yang terbaik, pada tidur jenis ini tubuh benar-benar beristirahat, dan saat bangun tubuh terasa segar.

Pada hampir semua kasus, ibu yang sakit dapat tetap menyusui bayinya. Dengan menyusui, antibodi baru yang terbentuk di dalam tubuh ibu dapat ditransfer kepada bayi sehingga bayi turut mendapat perlindungan. Jika ibu khawatir dengan obat yang dikonsumsinya, ibu dapat meminta diberikan obat yang aman untuk ibu menyusui, atau menanyakannya lebih lanjut kepada konsultan laktasi maupun sumber referensi.

Tetap sehat, tetap semangat, menyusui menyehatkan ibu dan bayi🙂

Salam ASI,
Stella Tinia,dr.,M.Kes
@stellatinia

About Stella Tinia,dr.,M.Kes,IBCLC

An IBCLC lactation consultant with high passion to educate and help mothers and babies enjoy the wonderful experience and millions benefits of breastfeeding.

Discussion

One thought on “Menyusui di saat sakit ? Ternyata bikin ibu lekas sehat,bayi terlindungi

  1. Subhanallah……

    Posted by kader posyandu | December 7, 2012, 10:19 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: