Manfaat Menyusui

Pengaruh menyusui terhadap perkembangan kognitif anak

Pemberian ASI telah diketahui memiliki banyak sekali manfaat baik bagi anak maupun ibu. Pada anak, pemberian ASI dapat menurunkan angka kematian pada bayi baru lahir, melindungi bayi dari berbagai jenis infeksi dan kanker, serta memberi efek positif terhadap perkembangan kognitif anak.
Sebuah penelitian meta analisis yang dilakukan oleh Anderson JW dkk berusaha mencari perbedaan rata2 fungsi kognitif pada kelompok anak yang diberi ASI dengan kelompok anak yang diberi susu formula. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat fungsi kognitif pada kelompok anak yg diberi ASI lebih tinggi 3,16 poin dibandingkan yang diberi susu formula. Secara statistik perbedaan ini termasuk bermakna (signifikan).
Perbedaan ini terlihat lebih tinggi lagi pada kelompok anak BBLR (berat badan lahir rendah) yang diberi ASI dibandingkan yang diberi susu formula, menunjukkan bahwa pemberian ASI pada bayi BBLR akan memberikan manfaat yang lebih besar.

Peningkatan perkembangan kognitif yang jauh lebih baik ini dapat terjadi karena ASI mengandung berbagai nutrien yang dibutuhkan oleh otak bayi, seperti DHA dan AA.

Resume oleh Stella Tinia Hasianna,dr.,M.Kes.
Sumber: American Journal of Clinical Nutrition, Vol. 70, No. 4, 525-535, October 1999

About Stella Tinia,dr.,M.Kes,IBCLC

An IBCLC lactation consultant with high passion to educate and help mothers and babies enjoy the wonderful experience and millions benefits of breastfeeding.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: