Sukses menyusui

Peran ayah dalam keberhasilan menyusui.

Menyusui merupakan proses yang alami, meskipun demikian ada saja tantangan yang dapat dialami oleh seorang ibu selama proses menyusui. Tantangan itu dapat berupa kondisi ibu pasca melahirkan yang masih lemah, kondisi psikologis baby blues, bayi kuning, maupun kondisi rumah yang tanpa pengasuh, ibu yang akan segera habis cuti dan harus kembali bekerja,dan lain sebagainya.

Ayah dan Ibu sebagai partner yang telah berkomitmen menjalani hidup berdua dan membangun keluarga,dapat saling mendukung sehingga berbagai tantangan tersebut dapat dilewati.

Penelitian di Malaysia terhadap 682 ibu yang memiliki bayi <6bln menunjukkan bahwa ternyata keberhasilan pemberian asi eksklusif berhubungan keberadaan suami yang mendukung menyusui.Wanita dengan suami yang mendukung pemberian ASI 4x lebih besar kemungkinannya untuk berhasil asi eksklusif dibandingkan yg tidak.

Mengapa di khususnya di wilayah Asia peranan ayah sangat penting? Asia memiliki pola budaya yang bersifat paternalistik,sehingga prinsip,pola pikir,dan keputusan Ayah sebagai kepala rumah tangga lebih dominan dan diikuti oleh seluruh anggota keluarga.

Faktor lain yang berperan dalam keberhasilan asi eksklusif antara lain bed sharing (tidur bersama bayi),multipara (bukan kehamilan pertama,jadi telah ada pengalaman menyusui sebelumnya), bayi lahir cukup bulan, ibu rumah tangga,serta ibu yg tidak merokok.

Jadi,mari kita libatkan Ayah dalam berbagai proses pengasuhan anak, ajak suami ikut Kelas Edukasi tentang ASI, belajar bersama melalui buku dan media lain,sehingga Ayah dan Ibu dapat menjadi tim yang solid demi memberikan yang terbaik untuk sang buah hati . .

-Stella Tinia Hasianna,dr.,M.Kes-

About these ads

Discussion

One thought on “Peran ayah dalam keberhasilan menyusui.

  1. Izin share ya dok :)

    Posted by Dini norviatin | May 7, 2012, 11:51 AM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,363 other followers

%d bloggers like this: